Tips Merawat Mobil Agar Kondisi Kendaraan Tetap Prima

sewa mobil palembang, rental mobil palembang, rent car palembang indonesia, sewa mobil palembang indonesia, Rental mobil bulanan Palembang, Rental mobil Palembang Murah

Mobil Anda adalah bagian penting dari hidup Anda dan harus dirawat dengan hati-hati. Tetapi jika jadwal Anda sibuk, mudah untuk mengabaikan perawatan sederhana yang dibutuhkan mobil Anda agar tetap beroperasi. Keuntungannya adalah Anda dapat mengikuti beberapa tip sederhana untuk menjaga mobil Anda dalam kondisi prima dan mempertahankan nilai jualnya.

9 tips perawatan mobil teratas

Apakah mobil Anda baru atau lebih tua, Anda dapat menjaganya agar tetap dalam kondisi prima dengan memberikan perawatan yang selayaknya. Berikut adalah beberapa tips perawatan mobil untuk Anda mulai:

1. Bersihkan kendaraan Anda secara rutin

Jadwalkan perawatan pencucian dan lilin rutin untuk perjalanan Anda setiap enam bulan sekali untuk mempertahankan pekerjaan cat dan mencegah korosi dari garam jalan pada bagian bawah kendaraan Anda jika Anda tinggal di iklim dingin. Anda juga dapat melakukannya sendiri untuk menghemat uang. Bagaimanapun, Anda ingin menjaga penampilan mobil Anda dalam kondisi prima, sehingga tidak mempengaruhi nilai ketika dijual.

2. Dapatkan perawatan rutin

Semua kendaraan memiliki jadwal perawatan rutin yang disarankan berdasarkan jarak tempuh yang ditempuh. Anda dapat menemukannya di manual atau memintanya dari dealer.

Sebagian besar mobil memerlukan perawatan rutin setiap 5.000 mil atau enam bulan, tetapi beberapa memungkinkan Anda melakukan servis lebih lama lagi. Mekanik melakukan penggantian oli dan inspeksi multi-titik untuk memastikan kendaraan berjalan dengan benar dan tidak ada barang yang aus, seperti filter udara atau wiper kaca depan, yang perlu diganti. Mekanik juga akan memeriksa level cairan mobil Anda dan memberi tahu Anda jika ada masalah yang memerlukan pemeriksaan ulang.

Untuk menghemat uang selama masa pakai kendaraan Anda, Anda dapat mempelajari cara melakukan beberapa perawatan dasar — ​​termasuk penggantian oli — sendiri.

3. Jangan melewatkan layanan utama

Saat waktunya untuk penyetelan, Anda mungkin perlu menukar bagian lama dengan yang baru. Ini termasuk busi, filter oli, filter bahan bakar, katup PCV, ikat pinggang dan selang. Umur panjang barang-barang ini akan bergantung pada merek dan model kendaraan Anda. Pertimbangkan untuk meminta perkiraan biaya kepada departemen layanan sebelum penyetelan diperlukan agar Anda siap.

4. Periksa rem Anda

Meskipun tidak ada standar seberapa sering Anda harus memeriksa rem, direkomendasikan untuk melakukan ini setiap kali ban Anda dirotasi atau setiap enam bulan.
Namun, jika Anda melihat ada perubahan pada rem Anda saat mengemudi, sebaiknya periksa sesegera mungkin.

5. Sering-seringlah memeriksa level cairan

Pilih hari setiap bulan untuk memeriksa level cairan Anda dan catat di kalender Anda. Ini hanya akan memakan waktu beberapa menit dari waktu Anda, dan Anda dapat membuat daftar periksa yang praktis sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan ketika waktunya tiba.

Pastikan untuk memasukkan oli mesin, cairan pendingin, cairan power steering, dan cairan washer kaca depan. Anda juga harus memeriksa minyak rem dan minyak transmisi setidaknya dua kali setahun — sebaiknya setiap enam bulan.

Anda bisa menunggu sampai waktunya ganti oli untuk memeriksa level cairan Anda. Namun, tingkat cairan yang rendah dapat mengindikasikan masalah signifikan pada kendaraan Anda. Plus, Anda kemungkinan akan menghabiskan lebih banyak uang nanti untuk perbakan jika masalah tidak terdeteksi.

6. Perhatikan tapak ban Anda

Tapak ban yang rendah membuat Anda berisiko kehilangan kendali atas kendaraan Anda, terutama saat Anda berkendara di tengah hujan, hujan es, atau salju. Namun ada dua cara mudah dan murah untuk memantau tapak ban Anda. Anda dapat membeli pengukur kedalaman tapak atau menggunakan satu sen.

Jika Anda memilih yang terakhir, masukkan koin secara terbalik ke dalam tapak dengan wajah Abraham Lincoln menghadap ke luar. Jika kepala Lincoln terlihat sepenuhnya, Anda mungkin memerlukan ban baru, tetapi Anda harus membawa mobil ke dealer ban untuk mengonfirmasi.

7. Jaga agar ban Anda tetap mengembang

Inflasi ban yang tepat berkontribusi pada keselamatan kendaraan dan efisiensi bahan bakar yang optimal. Jika Anda memiliki kendaraan yang lebih baru, kemungkinan besar Anda akan mendapat peringatan di dasbor saat tekanan ban Anda rendah. Namun jika fitur ini tidak tersedia di mobil Anda, belilah pengukur tekanan ban untuk memantau ketinggian udara ban Anda.

Lihat stiker langsung di dalam pilar pintu pengemudi untuk memastikan tingkat pemompaan yang tepat untuk mobil Anda. Jika tekanannya rendah, tiup ban ke tingkat yang benar.

8. Jangan abaikan kebocoran, suara, atau bau

Apakah ada cairan di tanah dari mobil Anda? Apakah itu mengeluarkan suara aneh saat Anda menghidupkannya, berakselerasi ke kecepatan tertentu, berbelok, mundur atau duduk di lampu lalu lintas? Apakah ada bau aneh yang berasal dari kendaraan Anda yang tidak Anda kenali?

Tanda-tanda ini tidak boleh diabaikan karena menunjukkan bahwa mobil Anda perlu diperbaiki. Tetapi jika Anda mengabaikannya dan menunda penyelidikan, Anda dapat menghabiskan beberapa ratus atau ribuan untuk perbaikan nanti.

9. Perhatikan peringatan

Apakah itu lampu check engine yang menakutkan yang muncul atau ikon lain yang belum pernah Anda lihat, jangan abaikan. Alih-alih, bawa mobil Anda untuk diperiksa karena mencoba mengomunikasikan bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Bahkan jika itu bukan masalah besar, lebih baik aman daripada menyesal.

Bergantung pada merek dan model kendaraan Anda, biaya perawatannya bisa sedikit menguras dompet Anda. Namun, bersikap proaktif dan melakukan perawatan preventif dapat menghemat banyak uang dan memperpanjang umur mobil Anda.

 

sewa mobil palembang, rental mobil palembang, rent car palembang indonesia, sewa mobil palembang indonesia, Rental mobil bulanan Palembang, Rental mobil Palembang Murah