Tips Nyaman Mengemudi Mobil di Cuaca Panas

sewa mobil palembang, rental mobil palembang, rent car palembang indonesia, sewa mobil palembang indonesia, Rental mobil bulanan Palembang, Rental mobil Palembang Murah

Mengemudi mobil di cuaca panas memang menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pengemudi. Terlebih lagi beberapa pada beberapa waktu lalu, cuaca memang terasa sangat panas. Hal ini tentunya sangat menggangu jika kita memiliki sebuah pekerjaan yang memang mengharuskan kita untuk berkendara di siang hari. Dengan cuaca yang sangat panas ini, bukan hanya bisa menggangu pengemudi dan juga penumpang tetapi juga bisa mengalihkan fokus mereka.

Belum lagi jika berkendara di siang hari dengan cuaca yang sangat panas menyengat. Selain bisa membuat beban tambahan untuk pengemudi mobil, juga bisa berdampak pada mobil itu sendiri. Untuk mengatasi tantangan tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah kenyamanan Anda saat mengemudi. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap nyaman pada saat mengemudi mobil di cuaca panas.

Tips Mengemudi Mobil di Cuaca Panas

Pastikan untuk Tetap Terhidrasi pada saat Mengemudi Mobil di Cuaca Panas

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kenyamanan pada saat mengemudi mobil di cuaca panas adalah dengan tetap terhidrasi. Menjaga cairan tubuh jelas menjadi hal yang sangat penting terutama pada saat cuaca yang panas. Sering kali saat berada di bawah terik matahari, kita sering merasa kehausan. Untuk itu, untuk menjaga agar tubuh Anda tidak kehilangan banyak cairan pada saat berkendara di bawah terik matahari.

Pastikan untuk selalu menyediakan cukup air dan meminumnya dengan cukup agar tetap terhidrasi. Hal ini dikarenakan, kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang banyak jelas bukanlah hal yang baik. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa kekurangan cairan tubuh bisa menggangu fungsi kognitif dari seseorang. Bahkan tak jarang terdapat kasus orang meninggal yang disebabkan karena dehidrasi yang parah.

Sehingga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti itu, terlebih jika Anda harus mengemudikan sebuh mobil. Anda harus tetap memastikan tubuh Anda terhindar agar tetap fokus. Karena jika Anda tidak fokus dan kehilangan konsentrasi karena dehidrasi, hal itu bukan hanya akan membahayakan untuk keselamatan Anda. Tetapi, hal ini juga bisa membahayakan untuk penumpang dan juga pengendara lain.

Pentingnya Cairan Tubuh saat Mengemudi Mobil di Cuaca Panas

Tetap menjaga agar tubuh terhidrasi jelas menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tetapi sayangnya, tidak semua orang perhatian dan juga peka terhadap hal tersebut. Masih banyak orang yang menyepelekan tentang pentingnya menjaga tubuh agar terhidrasi di saat mengemudi mobil di cuaca panas. Banyak pengendara mobil yang kehilangan cairan tubuh sampai dengan 2% dari tubuhnya dan baru merasa haus.

Padahal menurut sebuah penelitian, ada sebuah hubungan yang jelas terkait dengan suhu panas di siang hari yang menyebabkan dehidrasi untuk para pengemudi dengan tingkat konsentrasi mereka yang menurun. Pada sebuah data, mereka juga membuktikan jika banyak sekali keputusan teknik yang terhambat pada saat seseorang mengalami dehidrasi. Dimana pada saat seseorang mengemudi mobil di cuaca panas yang kemudian membuat temperatur dari badannya meningkat. Hal ini akan bisa menimbulkan efek yang sangat jelas terhadap tingkat konsentrasi untuk membuat sebuah keputusan, sampai dengan koordinasi mata dan juga tangan.

Dan hal inilah yang kemudian menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena tingkat konsentrasi yang menurun dikarenakan dehidrasi, pengemudi akan cenderung kehilangan fokusnya. Hal ini jelas sangat berbahaya bagi banyak orang. Sehingga untuk mengatasinya, Anda perlu sering berhenti untuk minum dan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

Memiliki Bahan Pakaian yang Sesuai untuk Kenyamanan Mengemudi Mobil di Cuaca Panas

Selain dengan hal yang pertama, terkait dengan memastikan jika tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hal selanjutnya yang bisa berpengaruh terhadap kenyamanan pada saat mengemudi mobil di cuaca panas adalah dengan menggunakan pakaian dengan bahan yang pas. Maksudnya adalah, Anda harus bisa memilih pakaian yang sekiranya bahannya bisa cocok untuk digunakan mengemudi di siang hari. Karena pakaian juga menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kenyamanan.

Sebagai contohnya adalah untuk tidak menggunakan pakaian dengan bahan kulit pada saat berkendara di siang hari yang terik. Pakaian dengan bahan dasar kulit memang memiliki tingkat keamanan yang lebih terjamin jika digunakan berkendara. Tetapi bahan ini juga akan bisa membuat suhu tubuh Anda meningkatkan dengan cepat. Sehingga sangat tidak cocok jika harus digunakan untuk berkendara di siang hari yang panas.

Untuk itu, Anda perlu memiliki pakaian yang sekiranya mampu mengalirkan udara dengan baik. Dengan pakaian dengan bahan ringan yang bisa mengalirkan udara denga baik, maka Anda bisa merasakan lebih nyaman saat mengemudi mobil di cuaca panas. Selain dengan itu, Anda juga bisa menggunakan sebuah pakaian yang sedikit lebih longgar seperti T-shirt. Pakaian dengan bahan dasar katun juga akan cocok karena bisa menyerap keringat dengan sangat baik.

Memastikan Jika Sistem AC Mobil Bekerja dengan Baik

AC jelas menjadi bagian paling penting pada saat mengemudi mobil di cuaca panas. Hal ini karena dengan adanya AC, kondisi panas di dalam mobil akan bisa sedikit lebih teratasi. AC mobil yang memang berfungsi sebagai pendingin mobil jelas sangat dibutuhkan pada saat cuaca sedang terik. Sehingga sebelum berkendara di cuaca yang sangat panas dan juga terik di siang hari, mematikan kondisi AC mobil bekerja jelas menjadi hal penting.

Anda harus sering melakukan pengecekan terhadap AC Mobil sebelum Anda berkendara. Hal ini tentunya berguna untuk memberikan kenyamanan pada Anda saat harus mengemudi mobil di cuaca panas. Karena jika AC mobil mengalami kendala dan bahkan rusak, jelas hal tersebut bukan menjadi hal yang menyenangkan. Anda bisa membayangkan sendiri betapa menyebalkannya jika harus berkendara di siang hari yang panas tanpa adanya pendingin.

Memanfaatkan Jendela Mobil Selain AC Jika Cuaca Panas

Selain dengan sistem AC yang perlu dipastikan untuk kenyamanan pada saat mengemudi mobil di cuaca panas. Anda juga bisa menggunakan jendela mobil sebagai alternatif lain untuk mengurangi hawa panas. Terkadang, menggunakan AC mobil secara berlebihan juga bukan hal yang baik. Selain bisa membuat bensin menjadi lebih boros, penggunaan AC berlebihan bisa berdampak pada aki mobil.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan jendela mobil sebagai alternatif lainnya. Pada saat cuaca panas yang terik, Anda bisa membuka sedikit kaca jendela mobil Anda agar udara dari luar masum. Dengan begitu, maka mobil juga bisa menjadi lebih dingin karena adanya angin alami dan udara juga bisa tersirkukasi dengan baik. Ditambah lagi, dengan begitu Anda juga bisa lebih hemat bahan bakar.

 

sewa mobil palembang, rental mobil palembang, rent car palembang indonesia, sewa mobil palembang indonesia, Rental mobil bulanan Palembang, Rental mobil Palembang Murah