PENYEBAB DAN CARA MENGATASI MESIN MOBIL MATI MENDADAK

sewa mobil palembang, rental mobil palembang, rent car palembang indonesia, sewa mobil palembang indonesia, Rental mobil bulanan Palembang, Rental mobil Palembang Murah

Sering mendapati mobil yang Anda kendarai tiba-tiba mati ketika sedang di jalan? Mobil memang bisa mogok tiba-tiba jika tidak pernah Anda rawat. Namun, Anda tidak perlu panik sebab hal tersebut terjadi karena beberapa penyebab. Lalu, apa yang menyebabkan mesin mobil mati dan bagaimana mengatasinya? Berikut ulasannya.

  1. Bahan Bakar Habis

Salah satu hal yang bisa menyebabkan mobil Anda tidak mau jalan adalah mobil kehabisan bensin. Ketika berkendara mungkin Anda tidak menyadari jika bensin mobil Anda habis. Untuk itu penting sekali untuk selalu mengecek indikator sebelum Anda berkendara.

Selain itu, penting juga untuk mengecek langsung tangki mobil Anda untuk memastikan apakah bensin mobil Anda habis atau tidak. Sebab, jika indikator bahan bakar rusak meski bensin telah habis indikator tetap berada di atas.

2. Mesin mengalami Overheat

Penyebab mesin mobil mati selanjutnya yaitu mesin yang terlampau panas atau overheatOverheat biasanya terjadi karena air radiator dalam mobil habis atau kipas pendingin rusak.

Mesin mobil memang dapat bekerja di suhu tinggi, tapi apabila tidak ada pendingin maka piston dapat meleleh sehingga mesin menjadi mati. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk rutin mengecek air radiator.

3. Terdapat Masalah pada Alternator

Alternator atau juga dikenal dengan dinamo ampere merupakan suatu komponen yang memiliki fungsi sebagai pengubah energi mekanik menjadi listrik yang nantinya listrik tersebut akan disalurkan pada komponen elektronik mobil.

Apabila komponen ini rusak bisa menyebabkan suplai listrik pun terganggu akibatnya aki terganggu dan mobil juga bisa macet. Rusaknya alternator ini bisa diatasi dengan perbaikan atau mengganti dengan yang baru. Untuk memperbaikinya Anda bisa memanggil tukang service terdekat.

4. Rusaknya Konverter Katalitik

Penyebab berikutnya ialah rusaknya konverter katalitik. Komponen ini terletak pada bagian knalpot dan memiliki fungsi untuk mengubah zat pembuangan menjadi zat yang ramah lingkungan serta membersihkan bagian knalpot.

Apabila bahan bakar terdapat banyak kotoran maka akibatnya konverter dapat tersumbat dan mesin akan bekerja terlalu keras sehingga akhirnya mesin mobil mati atau mogok.

5. Sistem Pengapian Bermasalah

Dalam sistem pengapian terdapat koil yang berfungsi untuk menciptakan percikan pada mesin ketika akan memulai proses pembakaran. Jika komponen ini rusak atau mati, akibatnya mobil akan berbunyi dan mati.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan koil rusak diantaranya kebocoran pada busi, busi rusak atau koil yang sudah terlalu tua. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan mengompres dengan kain basah atau menggantinya.

6. Kehabisan Oli

Seperti yang Anda ketahui oli berfungsi sebagai pelumas dan proteksi pada komponen dan mengurangi gesekan. Kehabisan oli dapat menyebabkan beberapa masalah seperti komponen mesin berkarat, terganggunya proses pengapian dan dapat menyebabkan turun mesin.

Jika terus dibiarkan mobil Anda bisa berakhir mogok. Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda untuk rutin mengganti oli mobil. Sebab, jika sampai kehabisan oli maka Anda bisa mengeluarkan banyak uang untuk perbaikan mesin.

Ketika mobil Anda mogok Anda tidak perlu panik. Anda bisa cek bahan bakar atau mesin mobil Anda. Jika bahan bakar habis, Anda bisa mencari penyedia bahan bakar tercepat untuk mengisi mobil Anda.

 

sewa mobil palembang, rental mobil palembang, rent car palembang indonesia, sewa mobil palembang indonesia, Rental mobil bulanan Palembang, Rental mobil Palembang Murah