CARA MERAWAT KAMPAS KOPLING MOBIL DENGAN BENAR

sewa mobil palembang, rental mobil palembang, rent car palembang indonesia, sewa mobil palembang indonesia, Rental mobil bulanan Palembang, Rental mobil Palembang Murah

Kampas kopling merupakan salah satu komponen dalam mobil yang fungsinya untuk menyambungkan serta memutuskan putaran mesin.

Karena sangat penting untuk kinerja mesin kendaraan, maka perawatannya juga perlu diperhatikan dengan betul. Anda juga perlu menghindari berbagai kebiasaan buruk yang bisa mengurangi performanya.

Tips Melakukan Perawatan Kampas Kopling

Untuk bisa merawat komponen ini dengan baik dan benar, maka Anda bisa mengikuti berbagai cara di bawah ini.

  • Perhatikan Posisi Kaki Ketika Memakai Kopling

Salah satu kebiasaan yang masih diterapkan oleh banyak orang adalah menggantungkan kaki di bagian pedal kopling ketika sedang mobil sedang berjalan.

Padahal, hal tersebut bisa menambah berbagai gaya gesek. Efeknya, kampas bisa menjadi cepat aus.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan tersebut. Jika hendak menggunakan kopling, maka lepaskan kaki Anda dari pedal kopling ketika mobil sudah kembali stabil berjalannya.

  • Pastikan Posisi Gigi dan Kecepatan Sudah Sesuai

Tips merawat kampas kopling selanjutnya yang penting untuk diperhatikan adalah memastikan bahwa kecepatan mobil telah sesuai dengan posisi dari gigi.

Ketika Anda melaju dengan kencang, maka atur ke gigi yang tinggi. Sebaliknya, jika melaju dengan lebih tambat, maka pakai gigi yang rendah.

Jika tidak sesuai, maka bisa menimbulkan gesekan yang kencang di bagian kampas. Efeknya, kampas tersebut bisa aus dan habis sebelum masa pakainya berakhir.

  • Ketika di Lampu Merah, Netralkan Transmisinya

Ketika berkendara dan mobil dalam kondisi berhenti, misalnya ketika di lampu merah, maka jangan menahan kopling di posisi gigi satu.

Posisi tersebut dapat membuat kopling harus bekerja dengan lebih berat. Kampas kopling juga bisa menjadi lebih cepat menipis.

Selain tidak baik untuk kopling, hal itu akan membuat kaki Anda cepat pegal. Jadi, sebaiknya netralkan saja transmisinya ketika sedang berhenti. Setelah hendak berjalan, maka Anda bisa memasukkan transmisi ke gigi satu dan mengegasnya.

  • Pelan-pelan saat Melepas Kopling

Jika Anda telah selesai memindahkan transmisi mesin, maka lepas koplingnya dengan pelan-pelan dan halus. Sebaiknya, jangan pernah melepas kopling dengan mendadak atau dihentakkan.

Jika melepas dengan menghentak, maka akan timbul gesekan yang keras di bagian kampasnya. Ini adalah kebiasaan yang banyak dilakukan banyak orang tanpa disadari.

  • Jangan Pakai Setengah Kopling

Kebiasaan lain yang masih sering ditemui adalah mengemudikan mobil sambil menginjak setengah dari pedal kopling. Biasanya, hal ini dilakukan di jalan yang menanjak dengan tujuan supaya mesin tidak mati.

Namun, hal ini sebaiknya tidak Anda lakukan karena tidak baik bagi kopling Anda. Permukaannya bisa jadi terkikis dan cepat aus.

Jika berada di tanjakan, sebaiknya Anda menetralkan transmisi giginya. Lalu, tarik juga rem tangan supaya lebih aman. Selanjutnya, masukkan gigi satu dan memainkan rem tangan dengan menarik dan mengegasnya sesuai kebutuhan.

  • Sebaiknya Anda Menghindari Banjir

Tips selanjutnya adalah sebaiknya Anda tidak menerjang banjir. Hal tersebut penting karena banjir bisa membuat berbagai komponen utama dari kopling menjadi rusak, lalu bisa jadi macet atau membahayakan.

Jika terpaksa melintasi kawasan banjir, maka sebaiknya tidak berhenti di tengah banjir. Sebisa mungkin segera menghindar dari kawasan banjir.

  • Beli Kampas Berkualitas, Jangan Tergoda Harga Miring

Kualitas dari kampas sangat penting untuk menjadi perhatian Anda. Jangan mudah tergoda dengan tawaran harga yang miring tapi tidak jelas kualitasnya.

Sebaiknya, Anda membeli dan memakai kampas yang berkualitas, supaya performa dan daya tahannya baik.

Itulah tips untuk melakukan perawatan terhadap kampas dari kopling mobil Anda. Lakukan berbagai hal di atas supaya performanya tetap terjaga.

Kampas kopling adalah komponen yang memiliki fungsi cukup vital, sehingga perawatannya tidak boleh terabaikan. Pastikan bahwa komponen tersebut berfungsi dengan baik, sehingga perjalanan Anda juga akan lebih aman!

 

sewa mobil palembang, rental mobil palembang, rent car palembang indonesia, sewa mobil palembang indonesia, Rental mobil bulanan Palembang, Rental mobil Palembang Murah