Benteng Kuto Besak , Aset Wisata Sejarah Kota Palembang

sewa mobil palembang, rental mobil palembang, rent car palembang indonesia, sewa mobil palembang indonesia, Rental mobil bulanan Palembang, Rental mobil Palembang Murah

Benteng Kuto besak atau yang familiar disebut BKB merpakan salah satu peninggalan sejarah masa lampau.

Namun bukan berarti dibangun oleh kolonial, tapi Benteng Kuto Besak ini merupakan benteng satu satunya yang dibangun langsung oleh pribumi.

Benteng Kuto Besak terletak di tepian Sungai Musi, tepatnya di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang.

Benteng ini dibangun pada masa Kesultanan Palembang Darussalam sekitar tahun 1724-1758 dimasa kepemimpinan Sultan Mahmud Badaruddin I.

Dengan ukurannya 288,75 meter x 183,75 meter, serta tebal dinding 1,99 meter.

Benteng ini memiliki pelataran yang luas sehingga dijadikan tempat wisata oleh masyarakat.

Dikutip dari kompas.com, Benteng ini dikeliling tembok tinggi yang mencapai 9,14 meter, tebal 2,13 meter, dan empat bastion atau selekoh di sudutnya.

Terdapat tiga pintu gerbang pada benteng ini, yaitu di sisi timur laut, barat laut, dan gerbang utama yang berada di sisi tenggara.

Benteng Kuto Besak yang dibangun dalam waktu 17 tahun menjadi keraton keempat Kesultanan Palembang, setelah Kuto Gawang, Beringin Janggut, dan Kuto Lamo.

Sejak digunakan, benteng ini menjadi pusat pemerintahan sekaligus tempat tinggal penguasa Kesultanan Palembang.

Namun ketika Belanda masuk ke Palembang, benteng ini berhasil direbut dan difungsikan sebagai markas dan menyebutnya sebagai Nieuwe Keraton atau Keraton Baru.

Sebagai benteng yang berada di jantung kota Palembang dan di tepian Sungai Musi, ada banyak sekali tempat wisata di sekitar benteng ini.

Wisata yang paling mengasyikkan adalah menyusuri Sungai Musi menggunakan perahu yang tersedia.

Selain itu, menyusuri Sungai Musi juga bisa dilakukan dengan menyewa kapal milik nelayan dengan membayar uang sekitar Rp 100.000.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan Jembatan Ampera pada malam hari.

Selain itu, di samping BKB kamu bisa juga berkunjung ke Museum Mahmud Badarudin yang memang masih satu lokasi dengan Benteng Kuto Besak ini.

Nah jika kamu ingin berkunjung ke sana, kamu juga harus coba sensasi makan didalam perahu.

Sambil menikmati pempek, lenggang atau tekwan.

 

sewa mobil palembang, rental mobil palembang, rent car palembang indonesia, sewa mobil palembang indonesia, Rental mobil bulanan Palembang, Rental mobil Palembang Murah